Saturday, November 16, 2019

ALGORITMA PENANGANAN DEADLOCK (SISTEM OPERASI)

METODE PENANGANAN DEADLOCK


Algoritma OSTRICH
Algoritma Ostrich sama juga dengan algoritma banker 
dan algoritma safety hanya algoritma yang satu ini sudah 
tentu berbeda dengan algoritma yang lainnya. 
Algoritma Safety merupakan algoritma yang mengabaikan 
proses yang terjadi pada sistem ibaratnya seperti burung unta 
yang menempelkan kepalanya di pasir dan berpura-pura tidak
terjadi masalah apa pun. Maksudnya algoritma yang satu ini 
tidak terlalu memperhatikan kondisi sistem apakah akan terjadi 
deadlock atau tidak melainkan menganggap bahwa deadlock 
jarang terjadi pada suatu sistem tertentu.

Algortima Ostrich di gunakan oleh dua metode sebagai berikut :
1.Trade-offs : merupakan metode penanganan deadlock dengan 
   sistem dimana ada asumsi bahwa suatu masalah 
   (dalam hal ini deadlock) jarang terjadi atau masalah tersebut 
   belum tentu benar bisa saja sewaktu-waktu berubah atau 
   bahkan akan kembali terjadi, sehingga jangan terlalu terpaku 
   akan satu masalah yang ada.
2.Pendekatan Hybird : merupakan metode yang mengasumsikan 
   masalah (dalam hal ini misal deadlock) sangat jarang terjadi 
   atau bahkan tidak akan pernah terjadi sama sekali, dan biasanya 
   bisa saja beralih pada algoritma yang lebih kompleks untuk 
   mengetahui masalah tersebut benar-benar terjadi atau tidak.



Algoritma SAFETY
Algoritma Safety sama halnya dengan algoritma banker 
merupakan algoritma penangan deadlock, namun algoritma 
safety ini lebih kepada memastikan apa kah suatu sistem dapat
dikatakan aman (safe state) atau tidak aman (unsafe state). 
Algoritma ini cukup sederhana hanya mengecek kondisi 
dimana sistem jika di katakan dalam keadaan aman (safe state)
maupun tidak (unsafe state), maka dapat di ilustrasikan dalam 
program sederhana pada gambar berikut :


Penjelasan program algoritma safety dari gambar diatas, 
lihat gambar di bawah ini :




Algoritma BANKER
Algoritma banker merupakan salah satu algoritma penanganan
terjadinya deadlock, algoritma tersebut di sebut algoritma 
banker karena simulasi dari algoritma ini mirip dengan sistem 
bankir di bidang perbankan. Algoritma banker ini dikemukakan 
oleh Edsger W. Djiksta dan merupakan suatu simulasi sistem 
perbankan yang diibaratkan untuk menghindari deadlock.

Disini maksudnya jika anggap saja misal :
1.Bank : Dianggap sebagai sistem operasi.
2.Pinjaman atau uang : Dianggap resource (resouce merupakan 
   proses yang sedang berjalan).
3.Nasabah : Dianggap proses yang memerlukan resource.

Implementasinya
Jadi algoritma banker ini di gunakan agar bank tidak kekurangan 
uang, sehingga pada saat nasabah melakukan penarikan 
sejumlah uang bank tersebut tetap pada kondisi safe state 
(dalam keadaan aman), jika nasabah tidak mendapat penarikan 
uang maka bank berada pada kondisi unsafe state 
(keadaan tidak aman), maka nasabah harus menunggu hingga 
ada tambahan uang dari nasabah lain. Nah jika bank ada pada 
kondisi dimana nasabah tidak dapat melakukan penarikan 
uang atau melakukan peminjaman uang maka disana lah 
terjadinya deadlock. Intinya agar tidak terjadi deadlock maka 
nasabah yang melakukan peminjaman uang harus segera 
mengembalikan uang pinjaman pada bank dengan tepat waktu.

Sehingga dapat dikatakan algoritma banker ini di jalankan 
oleh sebuah sistem operasi ketika ada request resource 
(permintaan proses yang akan di eksekusi). 
Nah penolakan dari algoritma ini terhadap deadlock terjadi 
pada saat request resource yang akan di eksekusi dapat 
membawa sistem pada kondisi unsafe state. Dengan kata lain 
ketika suatu proses masuk ke dalam sistem maka proses 
tersebut harus di eksekusi menggunakan jumlah maksimal 
resource yang di perlukan namun tidak boleh melebihi jumlah 
resource yang di miliki oleh sistem. Kemudian proses 
tersebut harus segera mengembalikan resource pada sistem
dengan tepat waktu, jika tidak maka akan terjadi deadlock dimana
suatu proses akan saling tunggu atau terhenti secara tiba-tiba 
karena resource yang akan di gunakan sedang di gunakan 
oleh proses lain.

Sumber: http://2010220-if-unsika.blogspot.com/2013/01




                      >>>>>TERIMAKASIH<<<<<

No comments:

Post a Comment

ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER (UNIT MASUKAN & KELUARAN)

UNIT MASUKAN DAN KELUARAN Definisi dan Fungsi: Unit masukan dan keluaran merupakan bagian komponen   utama dari sistem komputer ...