Saturday, September 14, 2019

SISTEM OPERASI (STRUKTUR SISTEM OPERASI) Part 2

STRUKTUR SISTEM OPERASI

1. KOMPONEN SISTEM
2. LAYANAN SISTEM OPERASI
3. SYSTEM CALLS
4. PROGRAM SISTEM
5. STRUKTUR SISTEM
6. VIRTUAL MACHINES
7. SYSTEM DESIGN & IMPLEMENTATION
8. SYSTEM GENERATION

_____________________________________________________________@#>

2. LAYANAN SISTEM OPERASI:


   1.Pembuatan Program
      a.Sistem operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk 
         membantu para pemrogram untuk menulis program.
 2.Eksekusi Program
          a.Kemampuan sistem untuk me’load’ program ke memori
              dan menjalankan program yang dikehendaki user maupun sistem.
    3.Operasi I/O
       a.Sistem operasi menyediakan mekanisme untuk melakukan operasi
          I/O atas nama pengguna.

    4.Sistem Manipulasi Berkas
       a.Kemampuan program untuk operasi pada berkas (membaca
          menulis,membuat dan menghapus berkas yang berupa file/direktori).
    5.Komunikasi
       a.Pertukaran data/informasi antar dua atau lebih proses yg berada pd
          satu komputer (atau lebih).
   6.Deteksi Error
       a.Kegiatan untuk menjaga kestabilan sistem dengan mendeteksi error,
          perangkat keras maupun operasi yang dilakukan.
    7.Deteksi dan Pemberian Tanggapan
       a.Memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi
          serta dampaknya terhadap aplikasi yang sedang berjalan.
    8.Accounting
       a.Kegiatan merekam aktivitas pengguna, report pemakaian sumber 
          daya, mampu mengumpulkan data statistik penggunaan beragam
          sumber daya dan memonitor parameter kinerja.
    9.Efisiensi Penggunaan Sistem
       a.Resource Allocator : mengalokasikan sumber daya hardware 
          maupun software ke beberapa pengguna atau mengalokasikan
          job yang berjalan pada saat bersamaan ke beberapa komputer
         dalam jaringan.
       b.Proteksi Sistem untuk menjamin akses ke sistem sumber daya
          yang amandikendalikan oleh sistem sehingga pengguna dikontrol 
          aksesnya ke sistem.

3. SYSTEM CALLS:
   1.Menyediakan interface antara program (user program yang berjalan) 
      dan bagian OS.
   2.System call menjadi jembatan antara proses dan OS.
      a.System call ditulis dalam assembly language (machine specific)
         atau bahasa tingkat tinggi yang dapat mengendalikan mesin (C).
      b.Contoh: UNIX menyediakan system call: read, write => operasi I/O 
                      untuk file.
 3.Sering user program harus memberikan data (parameter) ke rutin 
    OS yang akan dipanggil.
      a.UNIX: read(buffer, max_size, file_id);
   4.Tiga cara memberikan parameter dari program ke sistim operasi:
      a.Melalui registers (resources di CPU).
      b.Menyimpan parameter pada data struktur (table) di memory, dan 
         alamat table tsb ditunjuk oleh pointer yang disimpan di register.
      c.Push (store) melalui “stack” pada memori dan OS mengambilnya 
         melalui pop pada stack tsb.
Jenis-Jenis Sistem Calls:
1. Manajemen Proses
2. Manajemen Berkas
3. Manajemen Piranti
4. Informasi/Pemeliharaan
5. Komunikasi

4. PROGRAM SISTEM:
   1.Program sistem menyediakan kemudahan pembangunan program 
      dan eksekusi. ;
      a.Manipulasi File
      b.Informasi status
      c.Modifikasi File
      d.Dukungan bahasa pemrograman
      e.Loading dan eksekusi program
      f.Komunikasi
      g.Aplikasi program
   2.Kebanyakan user memandang sistem operasi sebagai program 
      sistem, bukan sebagai “actual system calls”.

5. STRUKTUR SISTEM OPERASI:
  1.Struktur Sistem Operasi
   Metode untuk mengorganisasi dan membangun sistem operasi
  2.Contoh: MS-DOS
   a.Saat dirancang kemampuan PC sangat minimal
        Prosesor: 8086 (10 MHz), Max. memory: 640 Kb
     b.MS-DOS – dibuat dengan menyediakanfungsionaldari 
        OS sebanyak mungkin pada resources yang sangat terbatas (memori).
  3.Tidak dalam bentuk modul => monolithic (satu kesatuan):
      a.MS-DOS menjadi satu kesatuan besar tanpa batasan jelas – 
         fungsional dan interface.
      b.Terdapat struktur yang sangat sederhana danproteksi” yang
         longgar (single user system).
    
   A.Struktur Sistem Operasi:
       1.Sistem Monolithic
       2.Sistem Berlapis
       3.Sistem Mesin Virtual
       4.Sistem Client-Server
       5.Sistem Berorientasi Objek


6. VIRTUAL MACHINES
    1.Implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang 
      dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer 
      asli ;(https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_virtual).
  
    2.Sebuah mesin virtual sistem menyediakan lengkap platform sistem 
       yang mendukung pelaksanaan lengkap sistem operasi (OS). 
       Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan satu program
      ,yang berarti bahwa ia mendukung satu proses.
       Karakteristik penting dari sebuah mesin virtual adalah bahwa perangkat
       lunak yang berjalan di dalam terbatas pada sumber daya dan abstraksi
      yang disediakan oleh mesin virtual tidak dapat keluar dari dunia virtual.
      Secara umum terdapat dua jenis virtual machine, yaitu:
      1. Virtual Machine Aplikasi, adalah jenis virtual machine yang dapat 
          menjalankan aplikasi di atas sistem operasi. Biasanya sering disebut 
          sebagai middleware karena bekerja diantara sistem operasi dan
          aplikasi komputer. Contoh dari virtual machine ini adalah Java Virtual
          Machine dan Common Language Runtime. 
      2. Virtual Machine Sistem Operasi, adalah jenis virtual machine yang 
          dapat menciptakan lingkungan sistem komputer atau sering disebut 
          sebagai komputer virtual agar dapat menjalankan sistem operasi 
          yang lain. Virtual machine ini sering disebut sebagai emulator, 
          karena mengemulasi sistem operasi menjadi sebuah mesin virtual.
          Contoh dari virtual mesin ini adalah VMWare Workstation dan 
          Microsoft Virtual PC.
          Keuntungan utama dari VM adalah: 
          a.beberapa OS lingkungan bisa hidup berdampingan pada komputer
             yang sama, dalam isolasi kuat dari satu sama lain. 
          b.mesin virtual dapat menyediakan set instruksi arsitektur (ISA) yang
            agak berbeda dari mesin nyata. 
          c.aplikasi provisioning, pemeliharaan, ketersediaan tinggi dan pemulihan 
             bencana.
         Kelemahan utama dari VM adalah: 
         a.mesin virtual kurang efisien dibandingkan mesin yang sebenarnya 
            ketika mengakses hardware secara tidak langsung. 
         b.ketika VMS multiple bersamaan berjalan pada host fisik yang sama,
            setiap VM mungkin menunjukkan kinerja yang bervariasi dan tidak
            stabil (Kecepatan Eksekusi, dan bukan hasil), yang sangat 
            tergantung pada beban kerja yang dikenakan pada sistem dengan 
            VM yang lain kecuali teknik yang tepat digunakan untuk isolasi
            temporal antara mesin virtual. ; 
            (sumber : https://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/01/pengertian
                               virtualboxx.pdf)


7. SYSTEM DESIGN & IMPLEMENTATION:
>>>Perancangan Sistem
 1.Tujuan Perancangan Sistem :
    a.Tujuan User
       Sistem operasi mudah digunakan, mudah dipelajari, handal
       aman dan cepat
 2.Tujuan Sistem
    Sistem operasi mudah didisain, diimplementasikan dan dikelola
    memiliki fleksibilitas, handal, bebas kesalahan dan efisien.
>>>Implementasi Sistem
      1.Secara tradisional ditulis dalam bahasa assemby, saat ini sistem operasi
         dapat ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.
      2.Kode yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi :
      3.Code written in a high-level language:
         a.Dapat ditulis secara cepat.
         b.Lebih compact.
         c.Lebih mudah dipahami dan debug.
      4.Sistem operasi jauh lebih mudah untuk di port (dipindahkan ke 
         hardware lain) jika ditulis dalam bahasa tingkat tinggi).


8. SYSTEM GENERATION: 
  1.Sistem operasi didisain untuk dijalankan pada berbagai kelas mesin
     Sistem harus dikonfirgurasi untuk setiap komputer secara spesifik
  2.Program SYSGEN memiliki informasi dalam mengkonfigurasi sistem
     hardware secara spesifik.
  3.Bootingawal komputer diaktifkan dengan melakukan loading  kernel.
  4.Bootstrap programkode yang disimpan di ROM yang dapat 
     ditempatkan pada kernel,di load ke memori dan memulai eksekusi.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

TERIMAKASIH.


No comments:

Post a Comment

ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER (UNIT MASUKAN & KELUARAN)

UNIT MASUKAN DAN KELUARAN Definisi dan Fungsi: Unit masukan dan keluaran merupakan bagian komponen   utama dari sistem komputer ...